Jumat, 31 Oktober 2008

Apa Manfaat Sister City?

Kota Bandung telah menjalin kemitraan dengan 5 kota di dunia. Dua diantaranya dijalin oleh Dada Rosada saat Bandung menjadi tuan rumah penyelenggaraan peringatan 50 tahun Konferensi Asia-Afrika tahun 2006, Jumat (22/8/2008).

Kota Braunschweig, Jerman menjadi sister city terlama Kota Bandung. Pada tanggal 24 Mei 1960 telah ditandatangani Piagam Ikatan Persahabatan Bandung-Braunschweig oleh Duta Besar RI Dr Zairin Zain dan Hans Gunther Weber (Direktur Kota) dan Oberburgermeister (Wali Kota Braunschweig) Martha Fuchs.

Piagam tersebut disempurnakan setelah ditandatangani oleh walikota Bandung R Priatnakusumah serta utusan Braunschweig Prof Dr George Eckert pada tanggal 2 Juni 1960 di Bandung.

Kerjasama Braunschwieg ini, merupakan kerjasama yang paling lama di Indonesia. Bidang kerjasama meliputi ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertukaran pemuda, pelatihan, kesenian dan olahraga. Titik berat pada bidang sosial budaya, pelatihan dan pertukaran pemuda.

Berikutnya adalah Kota Fort Worth di Texas, Amerika Serikat. Latar belakang kerjasama dengan Fort Worth terjadi karena perjanjian kerjasama IPTN dengan pabrik helicopter BELL. Pada masa BJ Habibie menjabat sebagai dirut IPTN.

Pada tanggal 2 April 1990 Wali Kota Bandung Ateng Wahyudi dan Wali Kota Fort Worth Bob Bolen menandatangani kerjasama.

Bidang kerjasama, meliputi ekonomi, pendidikan, pelatihan, kesenian, pertukaran pemuda dan sosial budaya. Dalam rangka mendongkrak prestasi persepakbolaan di Bandung.



Dari sekian banyak sister city Bandung, apa manfaat yang Anda lihat atau rasakan?

Tidak ada komentar: